Selasa, 26 Agustus 2008

Panduan Mendaftar Domain & Hosting di www.punyasitus.com

Sebelum meneruskan langkah pendaftaran domain, ada sedikit informasi yang perlu saya sampaikan, mengenai istilah teknis supaya lebih mudah dipahami.

Domain

Yang dimaksud dengan domain adalah nama sebuah situs, misalnya: google.com, yahoo.com, punyasitus.com, dan sebagainya. Itulah yang disebut domain, oleh karena itu, Anda haruslah sudah memiliki ancang-ancang atau ide nama untuk Anda gunakan. Domain ini nantinya akan sesuai dengan keinginan Anda, seperti: nama-Anda.com, nama-usaha-Anda.com, bisnis-Anda.com, dan sebagainya.


Dalam penggunaan nama domain, ekstensi atau disebut juga Top Level Domain, yang terkenal dan umumnya dipakai adalah .COM (dibaca dot com). Seperti contoh sebelumnya, punyasitus.com. Tapi sebenarnya ekstensi tersebut tidak hanya terbatas untuk .com saja, ekstensi yang lainnya adalah: .net, .org, .us, .biz, .tv, .co.id, .info, .cc, dan sebagainya.

Nah, cara ini bisa dimanfaatkan untuk mengganti domain Anda misalnya domain yang Anda pesan adalah punya-Anda.com, ternyata sudah dimiliki oleh orang lain. Maka Anda bisa menggantinya dengan punya-Anda.net.

Hosting

Yang dimaksud dengan hosting adalah semacam ruangan (space) untuk menyimpan file Anda di internet sehingga file tersebut bisa diakses oleh orang lain di seluruh dunia. Misalnya, Anda ingin menampilkan sebuah gambar dalam internet maka Anda butuh tempat atau ruang (space) untuk menaruh foto tersebut. Semakin besar space hosting maka semakin besar pula file yang bisa Anda tempatkan.

Upload

Yang dimaksud dengan upload adalah kegiatan untuk menaruh file Anda pada tempat hosting, boleh dibilang adalah proses pemindahan file dari komputer pribadi Anda, ke lokasi hosting di internet.

Download

Yang dimaksud dengan download adalah kegiatan mengambil file dari internet dan menyimpannya dalam komputer pribadi.

Itu lah beberapa istilah penting sehingga panduan ini bisa digunakan oleh semua kalangan. Berikut adalah langkah-langkah pendaftaran domain & hosting di punyasitus.com.

  1. Masuk lah ke halaman punyasitus.com menggunakan browser Anda (Mozilla Firefox atau Internet Explorer), untuk penampilan yang lebih baik gunakan Mozilla Firefox.


  1. Sebelum memutuskan paket yang akan Anda beli, sebaiknya mengetahui berapa banyak kebutuhan ruang (space) yang Anda butuhkan. Untuk informasi detail, Anda bisa mengklik pada panel sebelah kiri di bagian Paket Hosting & Domain.


  1. Setelah menentukan paket yang akan Anda pilih, katakanlah ini adalah pembelian Anda yang pertama dan Anda belum begitu butuh space besar. Diasumsikan Anda ingin membeli Paket Perdana.
  2. Setelah memutuskan paket yang Anda pilih, klik pada menu Order yang terdapat pada bagian atas.


  1. Disini saya asumsikan Anda ingin membeli domain baru, jadi Anda bisa langsung menuju pada bagian Pendaftaran dengan domain baru.
  • Yang dimaksud dengan transfer domain adalah, apabila Anda sudah pernah memiliki domain sebelumnya dengan menyewa di tempat lain, dan ingin dipindahkan ke punyasitus.com. Untuk melakukan hal ini Anda bisa membaca petunjuk yang diberikan pada halaman tersebut.
  1. Sebelum melakukan pendaftaran domain, sebaiknya Anda memeriksa nama domain tersebut terlebih dahulu apakah sudah dimiliki oleh orang lain atau tidak. Caranya adalah dengan memasukkan domain pada tempat yang disediakan. Misalnya, rencana Anda adalah menggunakan domain www.astaga.com, jadi Anda tinggal memasukkan astaga.com dan klik tombol Periksa.


  1. Jika yang muncul adalah pesan Maaf, domain astaga.com tidak tersedia atau sudah didaftarkan oleh orang lain. Maka Anda harus mencari nama lainnya, klik pada bagian Silahkan ulangi pemeriksaan domain, untuk melakukan pemeriksaan domain lainnya.


Penjelasan mengenai Klik disini untuk memeriksa statu Whois akan saya jelaskan nanti.

  1. Nah, sekarang lakukan lagi proses pemeriksaan domain yang Anda inginkan. Anda bisa menggunakan nama domain lainnya atau juga mengganti ekstensinya. Misalnya disini Anda mencoba dengan nama www.punyasaya.com


  1. Apabila yang muncul adalah pesan selamat, maka Anda bisa menggunakan domain tersebut.


  1. Pada bagian tersebut, klik pada link Silahkan ikuti prosedur pendaftaran berikutnya untuk pemesanan >>
  2. Sekarang Anda harus mengisi formulir pemesanan, dengan mengisi data yang diminta. Perlu diketahui, bagian yang bertanda bintang berarti wajib diisi.


  1. Setelah Anda mengisi semua data yang diminta, klik tombol Pesan.


  1. Apabila ada kesalahan pengisian maka akan muncul pesan error dan Anda harus mengisikan data dengan benar. Berikut tampilan yang menunjukkan terjadinya kesalahan.


  1. Setelah Anda membetulkan kesalahan dan mengklik kembali tombol Pesan dan tidak ada kesalahan lagi maka Anda akan menerima ucapan terimakasih.


  1. Proses pendaftaran domain Anda sudah selesai dilakukan, namun demikian domain yang Anda pesan masih belum aktif sebelum Anda melakukan transfer pembayaran. Untuk mengetahui rekening transfer, klik pada menu atas pada link Pembayaran.


  1. Sekarang lakukan transfer pembayaran Anda. Transfer pada salah satu rekening bank yang tampil. Sebagai informasi saja, transfer melalui bank BCA lebih kami sukai karena kemudahan pengecekan dan luasnya jaringan ATM. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki rekening BCA bisa memanfaatkan rekening bank lainnya yang kami sediakan. Transfer lah sejumlah, sesuai dengan paket yang Anda pilih:
  • Paket Perdana    : Rp 190.000,-
  • Paket Praktis    : Rp 330.000,-
  • Paket Plus        : Rp 1.000.000,-
  1. Setelah Anda melakukan transfer, lakukan konfirmasi (pemberitahuan kepada kami) bahwa Anda telah melakukan transfer, Anda bisa mengkonfirmasikannya melalui email, telepon, fax, SMS. Sebaiknya Anda menyebutkan nama Anda, bank asal transfer, nominal, dan rekening tujuan.
  2. Apabila setelah dilakukan pemeriksaan transfer dan telah kami terima maka seketika itu juga domain dan hosting Anda akan kami aktifkan.
  3. Setelah domain Anda aktif kami akan memberitahukannya pada Anda, termasuk juga username dan password untuk masuk halaman pengelolaan situs Anda.


 

Panduan pendaftaran domain ini kami cukupkan sampai disini saja. Kami akan memberikan panduan berikutnya setelah Anda melakukan pendaftaran domain. Seperti:

  • Bagaimana masuk halaman control panel situs Anda
  • Bagaimana membuat email dengan nama situs Anda, contoh: nama-Anda@domain.anda.com
  • Bagaimana memasukkan file untuk internet Anda
  • Bagaimana mengubah password yang kami kirimkan
  • Dan masih banyak panduan lainnya yang akan kami berikan lakukan setelah domain Anda aktif. Tidak banyak penyedia domain yang memberikan panduan semudah ini selain punyasitus.com. Apalagi yang berhubungan dengan pengelolaan domain & hosting Anda.


 

----------------------------************************----------------------------


 

Sebagai tambahan saja, mengenai langkah 7 di atas, yaitu mengenai pemeriksaan status Whois domain. Yang dimaksud dengan status Whois adalah sebuah sarana untuk mengetahui status kepemilikan sebuah domain, seperti dimana domain tersebut didaftarkan, tanggal berakhir dan sebagainya.

Untuk melakukan pemeriksaan status domain ini bisa Anda lakukan setelah ada domain yang telah Anda periksa ternyata tidak tersedia, hal ini bisa dilakukan dengan mengklik: Klik disini untuk memeriksa status Whois. Anda juga bisa menggunakan link berikut untuk menuju pada halaman Whois: http://www.punyasitus.com/whois.php

Setelah Anda masuk pada halaman Whois, masukkan kembali nama domain yang ingin Anda periksa. Dalam hal ini adalah astaga.com, diikuti dengan mengklik tombol Periksa Whois.


Tunggu lah proses pemeriksaan Whois sedang dilakukan, berikut contoh hasil Whois dari situs astaga.com.

1 komentar: