Selasa, 08 Agustus 2023

Manajemen Keuangan


Buku ini ditulis oleh empat orang, yaitu Ade Irma Suryani, SE., MM., Dr. Ermaini, SE., MM., Aulia Yunicha Harly, SE., MM., dan Lizabeth Sari Dewi, SE., MM.

Manajemen keuangan adalah kegiatan perencanaan, penganggaran, pemeriksaan, pengelolaan, pengendalian, penggeledahan, dan penyimpanan dana yang dimiliki oleh suatu organisasi atau perusahaan.

Manajemen keuangan merupakan hal yang sangat penting untuk dilakukan di sekolah sehingga kegiatan pendidikan di sekolah menjadi teratur. Manajemen keuangan dilaksanakan melalui beberapa tahapan, antara lain: perencanaan, pengorganisasian (organizing), pelaksanaan (actuating), pengawasan dan kontrol (pengendalian).

Dalam pemisahan tugas dan fungsi, administrasi keuangan dibagi menjadi 3 fungsi, yaitu fungsi otorisasi, fungsi ordonator, dan bendahara. Auhtorizer adalah orang yang adal dalam keputusan kebijakan yang berkaitan dengan kegiatan pengeluaran dan penerimaan uang. Koordinator adalah prinsipal berhak untuk memerintahkan pembayaran untuk semua kegiatan dilakukan di bawah otorisasi yang ditentukan. Bendahara adalah seseorang yang menerima, menyimpan, dan mengeluarkan uang atau file berharga lainya dengan penuh rasa tanggung jawab.

Itulah sekilas gambaran isi buku ini yang diterbitkan oleh Azka Pustaka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar